Kamis, 29 Mei 2014

Pentingnya Berbagi Ilmu

Mungkin banyak disekitar kita orang yang terkadang 'pelit' dalam berbagi ilmu. Entah itu karena dia takut akan mempunyai saingan yang dapat menyamainya atau entah karena mempunyai hasud terhadap orang lain. Na'udzubillah.



Tetapi, nyatanya perbuatan itu salah. Kita seharusnya senang karena ilmu yang kita berikan kepada orang lain, akan banyak orang yang mengetahuinya. Tidak hanya itu, Allah SWT pun meninggikan derajat orang-orang yang memiliki ilmu, seperti dalam firman-Nya :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Al-Mujadilah :11

Dan taukah kalian? Jika seseorang memiliki ilmu, tapi dia tidak mengamalkanya atau membaginya pada orang lain, maka celakalah dia. Seperti hadist d bawah ini :

ﻣَﻦْ ﺳُﺌِﻞَ ﻋَﻦْ ﻋِﻠْﻢٍ ﻓَﻜَﺘَﻤَﻪُ ﺟَﺎﺀَ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ ﻣُﻠْﺠَﻤًﺎ ﺑِﻠِﺠَﺎﻡٍ ﻣِﻦْ ﻧَﺎﺭٍ . ‏ ﺃﺑﻮ ﺩﺍﻭﺩ 

“Barangsiapa ditanya tentang suatu ilmu lalu dirahasiakannya maka dia akan datang pada hari kiamat dengan kendali (di mulutnya) dari api neraka.”
H.R. Abu Dawud

Na'udzubillahi min dzalik... semoga kita tidak termasuk orang yang tidak dermawan dalam berbagi ilmu. Dan satu hal yg perlu kita ingat, bahwa ilmu itu akan menjadi penerang dialam kubur kita jika kita mengamalkanya. Jadi jangan takut untuk berbagi ilmu, karna ilmu itu cahaya. Dan cahaya itu membawa kita kepada kebahagiaan.

 Oleh : Fitri | Bid. Komunikasi & Informasi IPPi Tasikmalaya

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon pos komentar dengan bahasa yang baik dan untuk tidak menyertakan Link apapun di box ini. Syukron