Rabu, 30 Agustus 2017

Shaum Arafah


          
  Salah satu amalan utama yang tidak patut untuk kita tinggalkan di awal bulan Dzulhijjah adalah shaum arafah, dan shaum arafah ini dikenakan kepada umat muslimin yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji.

          حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ الْحُرِّ بْنِ الصَّبَّاحِ عَنْ هُنَيْدَةَ بْنِ خَالِدٍ عَنْ امْرَأَتِهِ عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ تِسْعَ ذِي الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنْ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ

Artinya:   “Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada kami Abu 'Awanah dari Al Hurr bin Ash Shabbah, dari Hunaidah bin Khalid dari Seorang wanita dari sebagian isteri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berpuasa pada tanggal sembilan Bulan Dzul Hijjah, serta pada Hari 'Asyura` serta tiga hari dari setiap bulan, dan hari Senin serta Kamis pada setiap bulan.” (H.R Imam Abu Daud, dalam kitab Sunan Abu Daud juz ke-2, halaman ke-321, baris 12-14 dari atas, hadits nomor ke-2437, Kitabus Shiyam, bab fi Shaumil Asyr)

Dalam hadits ini disebutkan dalam kalimat “Tis’a Dzilhijjati” kalimat ini diartikan oleh orang yang melaksanakan shaum dari tanggal 1 sebagai “9 hari awal dzulhijjah” maka dari itu ada sebagian orang berpendapat bahwa shaum di bulan dzulhijjah dilaksanakan 9 hari mulai dari tanggal 1-9 dzulhijjah.

Dalam hal ini ada pertentangan pendapat ada yang mengatakan bahwa shaum dzulhijjah itu dilaksanakan dari tanggal 1-9 dzulhijjah dan ada pula yang mengatakan bahwa shaum dzulhijjah itu dilaksanakan hanya pada tanggal 9 saja, salah satu ulama hadits yang tidak perlu diragukan lagi ia telah meneliti bahwa hadits yang menerangkan bahwa shaum yang dilaksanakan 9 hari di bulan dzulhijjah itu terdapat keidhtiroban dalam sanadnya beberapa hadits yang telah menjelaskannya.

Maka dari itu kita dapat mengambil kesimpulan bahwa shaum dzulhijjah hanya dilaksanakan pada tanggal 9 dzulhijjah yang berbarengan dengan para kaum muslimin yang sedang melaksanakan wukuf di Arafah.

Adapun shaum Arafah ini mempunyai keutamaan yang sangat besar yang ganjarannya itu dapat menghapus dosa (kecil) setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَه


 “Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon pos komentar dengan bahasa yang baik dan untuk tidak menyertakan Link apapun di box ini. Syukron